my 24-7 notez

Sabtu, 01 Desember 2012

KULIAHIPUN PAK PROF.BUCHORY

Hi, y'all..ini sedang kuliahnya Pak prof Buchari. Sebenarnya cape n ngantuk bukan maiN, coz tadi malam bikin dodol dari ekstrak kulit manggis ma murid q si Asep Setyawan di rumah bu Sri Purwanti Rudjito. Tuh dodol hari ini dipake buat demo, emmm dijadikan sample, ma display untuk pameran Klinik Sains SMK yang diselenggarakan oleh Disdikpora DIY..
Ternyata ngaduk-aduk dodol gajauh beda ma mandi sauna, coz bikin kringeten n tangan pegel-pegel (cuma itu bedanya..). Padahal q gasampe tuntas ngebikin dodolnya..haha, untung si Asep aktif di OSIS ma tonti, jadi urusan dodol pasti KKM-lah...
Kasian anak-anak KIR 3 hari ini kejar tayang, sampe pas pemeran mata mereka merah..yapp tapi itulah perJOangan..btw, pembimbingnya juga gakalah kasian loh, bu purwanti yang setaun lagi pensiun sampe harus pijet karena kecapekan...pak Eka, harus wira-wiri juga, aku.. (haha, ngarep dikasiani...) ya, yang jelas semua kerja, semua berusaha, gada yang nganggur.
Okay, pembahasan kuliah kali ini masih seputar penelitian kuantitatif (q gasuka..coz, q lebih interest @ penelitian dengan pendekatan kualitatif), but i will give my full attention n write down thiz learning prosses.. (haha, moga-moga ane konsisten). Berikut adalah pangandikanipun pak prof kalian pangandikanipun rencang-rencang:
  1. Kebenaran ilmiah itu tidak mutlak tapi fakultatif dan tentatif. Kebenarannya bisa bersifat sementara sampai ada yang lebih benar lagi, begitzu...
  2. Rekomendasi para ahli untuk menghindari pertanyaan penelitian yang jawabannya ada/tidak ada; ya/tidak (kayanya ngulang nYang kemaren).
  3. Rumusan masalah dirumuskan dengan jelas dan padat, hendaknya dapat diuji.
  4. Mengenai hipotesis nihil dan hipotesis kerja. Hipotesis nihil adalah hipotesis yang meniadaklan pengaruh/ hubungan/ perbedaan tergantung pada rumusan masalahnya. Jadi jika dalam kajian teori ternyata tidak mengarahkan peneliti pada hipotesis, artinya hipotesis nihil.
  5. Yang lazim dirumuskan adalah hipotesis kerja, dimana teorinya sesuai (terdapat hubungan/ terdapat pengaruh, ect).
  6. Penelitian kuantitatif bertujuan untuk menguji hipotesis nihilnya. Pada bab 2 (kajian teori) yang dirumuskan adalah hipotesis kerja, namun pada saat penyusunan bab 4, mengubah dari hipotesis kerja ke hipotesisi nihil.
  7. Variable penelitian adalah segala sesuatu yang menjadi objek pengamatan dalam penelitian; gejala yang akan diteliti.
  8. Penggolongannya ada 3. al: variabel bebas (dengan lambang "x"), variabel terikat (dengan lambang "y"), dan variabel antara (dengan lambang "x n" atau "y n").
  9. TANPA Variabel Antara, Misal dalam judul: Hubungan antara Dukungan Orang Tua (x1), bla-bla (x2), eeemm? (x3), prestasi belajar siswa (y).
  10. Variabel antara TIDAK menjadi keharusan dalam penelitian kuantitatif.
Ane posting aja right now... dah cape  

2 komentar: