my 24-7 notez

Jumat, 26 April 2013

GRAFOLOGI (Membaca Kepribadian Orang Lewat Tulisan Tangannya)

Well, hi y'all, it'z time to posting lagi.. Berhubung sedang ga ada ide tentang IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) jadi kali ini ane bakal share IPS yang laen (Ilmu Pengetahuan Suka-suka). Kali ini ane bakal sedikit ngebahas tentang GRAFOLOGI, ow, apa itu? ya tar ane jelasin dah.. 
Cing_cong dulu ya buat intro_na. Sewaktu masih kuliah dulu pas semester 7 ane punya dua orang temen dari jurusan BK, nah mereka nih pernah pamer tentang membaca karakter lewat gambar pohon (yang seperti ini sebenarnya salah satu bentuk psikotes untuk rekrutmen karyawan di perusahaan-perusahaan), nah berhubung gue orang yang gasuka n gaterima dipamer-pamerin, so ane maksa-maksa mereka ngajarin gimana caranya, ane butuh beberapa hari buat maksa mereka, sampe akirnya gue dikasi liat diktat mata kuliah yang ngebahas soal itu. Itu pun gue cuma dikasi waktu skitar 10an menit untuk 'ngintip' isinya...pelit banget, tapi lumayan lah, mereka ga tau ane bisa baca cepat n ahli maksa. Habis baca kilat, ane minta (baca: maksa) diajarin praktek sebentar. Ho-hoh0, en dari situ sekarang ane dapet manfaatnya, terutama untuk iseng-iseng baca karakter orang (meski masih serampangan n superduper amatir, tapi lumayan lah, hasil dari 'mencuri' ilmu ini). Nah, gue ini termasuk orang yang punya kecenderungan minat untuk bisa membaca seseorang (tentu dengan cara-cara yang nonklenik lah yepp, tapi dengan cara yang scientific, wuih, gaya bener..). Tapi lebih daripada itu, kalo ane beneran bisa tentu ane gunakan untuk mendukung pekerjaan ane sebagai guru, supaya ane bisa mengerti murid ane n memiliki rasa empati, itu aja (kadang juga untuk iseng..hehe).
Woke, enough 4 the cing_conk. Lanjut...here u are little bit tentang GRAFOLOGI.. 

GRAFOLOGI (Membaca Kepribadian Orang Lewat Tulsan Tangannya) 
Banyak yang dapat dilakukan orang untuk dapat menilai karakter seseorang, ada yang melalui wajah, gerakan atau bahasa tubuh, bahkan melalui tulisan tangan. Membaca karakter seseorang melalui tulisan tangan dapat dipelajari lewat suatu ilmu yang disebut "Grafologi"
Grafologi adalah cabang dari ilmu psikologi dalam mata kuliah psikografik atau psikodiagnostik. Ilmu ini sangat bermanfaat untuk menginterpretasikan karakter seseorang melalui analisis dan pengamatan tulisan tangannya. 
Grafologi sebagai seni dan ilmu yang mempelajari tentang tulisan tangan. Karena tulisan tangan berasal dari otak manusia, maka apa yang dituangkan dalam tulisan itu adalah buah pikirannya. Buah pikiran manusia ini dapat memberi gambaran atau mencerminkan kepribadian manusia.
Meski kegiatan menulis tampak sebagai kegiatan yang dikendalikan oleh pikiran sadar manusia, tetapi kegiatan menulis ini ternyata sangat dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar manusia. Oleh karenanya, bentuk, gaya tulisan, dan karakter-karakter dalam diri setiap orang tidaklah sama.
Tulisan tangan dapat memberi gambaran seseorang terhadap sensibilitas penulisnya, karena tulisan tangan mempunyai bentuk dan gaya yang tidak sama antar individu, maka tulisan tangan juga dapat menunjukkan ciri khas kepribadian seseorang (trademark) yang tidak dapat ditiru orang lain secara persis.
Grafologi adalah seni manilai karakter dan kepribadian seseorang dengan cara melihat tipe tulisan tangan dan tanda tangan. Meskipun sebagai ukuran, ia dapat memberi petunjuk kehidupan seseorang mengenai perniagaa, kehidupan, keluarga, dan hubungan, kesetiaan, kejujuran dan semangat, serta apa saja. Ia adalah sesuatu yang scientific. Tulisan tangan juga dikenali sebagai tulisan otak (brain writing). Otak memberi arahan pada tindakan menulis. Jika seseorang tidak punya tangan, sehingga tidak dapat menulis, orang tersebut dapat menggunakan cara lain untuk menulis, misalnya dengan gigi atau jari kaki. Hakikatnya, otak yang membantu kita menulis, tangan sebagai medium untuk melakukannya.
Tanda tangan juga merupakan unsur penting dalam grafologi. Tanda tangan melambangkan nilai dan kepribadian seseorang. Kebanyakan ahli dan pakar grafologi menilai kedua-duanya, baik tulisan maupun tanda tangan untuk mendapatkan gambaran atau membuat ramalan mengenai diri dan kehidupan seseorang.
Secara sederhana, grafologi berguna untuk menebak kepribadian seseorang. Informasi tentang kepribadian seseorang tersebut tentunya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Dalam proses rekrutmen pegawai misalnya, grafologi dapat dijadikan sebagai salah satu perangkat seleksi. 
Di dunia pendidikan, grafologi bisa digunakan untuk mendeteksi problem yang sedang dialami peserta didik ataupun dalam mengukur kecerdasan si anak. 
Bahkan, di ranah praktik terapi psikis, grafologi dapat pula dijadikan sebagai salah satu metode terapi/ rehabilitasi. Dalam konteks pergaulan sehari-hari, pengetahuan grafologi juga seru untuk dijadikan sebagai bahan pengenalan dan pemahaman antar sesama kawan, maupun sifatnya untuk iseng saja.
Namun demikian, kondisi si penulis pada waktu membuat tulisan tangan juga mempengaruhi penilaian dalam grafologi, misalnya bagaimana mood penulis pada waktu menuliskan tulisan tangannya, dsb.
Untuk lebih jelasnya n lebih detail mengenai grafologi sok atuh baca bukunya Dwi Sunar Prasetono mengenai GRAFOLOGI yang diterbitin Divapress.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar